30 Jan 2013

Aplikasi Facebook yang Lebih Ringan

Ceritanya pengen berbagi pengalaman, nie ... Suatu pagi, di sela-sela aktifitas di kantor, saya melakukan riset kecil-kecilan. Mengingat gadget yang ada di tangan saya memiliki keterbatasan memori, baik itu memori internal ataupun memori ram, maka akan lebih efektif dan efisien bila menggunakan aplikasi yang 'resource friendly'.


Begitu luas pengguna facebook, sehingga facebook sangat cocok untuk lahan pemasaran produk secara online. Selain itu banyak juga yang memanfaatkan facebook untuk berkomunikasi dengan rekan atau relasi kerja, bukan untuk cuman narsis. Aplikasi facebook yang ori, menawarkan banyak fasilitas interaksi dengan facebook, hanya saja buat memori gadget saya yang tergolong imut, aplikasi ini masih terlalu berat. Menghabiskan memori internal dan memori ram. Bagaimana solusinya? Beli gadget baru - jawaban nggak asik. Tentu aja mencari applikasi pengganti facebook ori, yang lebih ringan dengan fasilitas yang mendekati aslinya.
33mB ... boros, bro
Pada awalnya saya hanya mengandalkan browser bawaan android untuk mengakses facebook mobile, namun fasilitas sharing foto sangat terbatas. Tidak bisa mengupload foto dalam jumlah banyak sekaligus. Kekurangan yang pasti adalah tiada notifikasi yang masuk ke gadget.

Percobaan kedua, menggunakan aplikasi MB Notification for Facebook (free) buatan Mike Bannion. Aplikasi ini sudah menampilkan notifikasi standar. Tidak menggunakan proses running service dan ukuran aplikasi kecil. Namun versi free hanya terbatas untuk menerima dan melihat notifikasi ajah. Pengguna tidak bisa berinteraksi 'reply' maupun upload foto. Fasilitas ini hanya ada di versi berbayar.

Percobaan ketiga, menemukan aplikasi yang namanya Fastest Facebook. Sepertinya aplikasi ini hanya menampilkan mobile facebook aja. Soalnya secara penampilan emang amat mirip kalo kita buka facebook di browser. Fasilitas yang tersedia juga sama seperti mobile facebook. Emang bener amat cepat dan ringan, dari komentar pengguna yang ada, sebagian besar mengakuinya, namun mereka meminta fasilitas lebih dengan kecepatan yang sama. Menurut saya kalo mau fasilitas yang lebih, mau nggak mau akan memperlambat kecepatan aplikasi.


Percobaan keempat, saya menggunakan friendcaster. Bagi pengguna twitter pasti familier dengan namanya. Ini masih sodara dengan Twitcaster. Kesan pertama ... 'inilah aplikasi yang saya butuhkan'. Lebih kecil dari facebook ori, fasilitas lebih lengkap daripada percobaan kedua, dan nggak muncul di daftar 'running service' (hemat ram). Aplikasi ini bisa menampilkan pop up notif dan memungkinkan kita berinteraksi 'reply'. Mendukung upload beberapa foto sekaligus. Meskipun ada versi berbayar - tentu dengan fasilitas lebih, versi free sudah cukup mewakili kebutuhan saya. Sepertinya ini yang cocok untuk saat ini, hehe...
GADGET MINIMAL, FUNGSI MAKSIMAL...

2 komentar: