16 Feb 2013

Sakit Gigi dan Garam + Air Hangat

kalo surga di telapan kaki ibu, maka neraka ada di mulut, saat kita sakit gigi. Mala akan lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Saat sakit gigi beberapa orang teman menyarankan untuk berkumur air hangat dicampur garam, biar agak mendingan.

iklan produk pasta gigi Tasya

Kok bisa? Menurut analisa dengkul: saya, sakait gigi berhubungan dengan 2 hal: adanya sesuatu di gigi dan rangsangan pada sistem saraf di gigi. Sesuatu di gigi, yang paling jadi tersangka adalah: kuman. Maka proses terjadinya sakit gigi adalah.: ketika kuman mulai masuk ke tubuh, antibodi mulai membangun benteng, hingga terjadilah peradangan, pada lokasi peradangan terdapat saraf sensorik yang mengirimkan sinyal sakit ke otak. Maka di saat itulah terjadi siksa neraka dunia.

Trus apa hubungan antara garam + air hangat vs kuman + saraf sensorik. Apa sih yang ada di dalam garam? ternyata yang paling mendekati hubungan antara kuman dan garam adalah: Iodium (yodium). Iodium adalah salah satu jenis antiseptik alias pembunuh kuman. Dengan berkumur air garam diharapkan dapat membunuh kuman yang lagi party di gigi

Air hangat emang bisa meredakan rasa nyeri. Hanya sampai saat tulisan ini muncul, saya masih belum bisa menemukan korelasi yang pas antara air hangat dan saraf sensorik, Kok bisa air hangat bisa meredakan rasa nyeri? Bagaimana cara kerjanya?

Jadi teorinya: sebelum gigi terasa sakit, para kuman lagi party di gigi kita. Secara otomatis sistem pertahanan tubuh merespon, mengusir kuman dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Efeknya siksa neraka dunia, meradang. Garam beryodium membantu tugas mengusir kuman. Air hangat meredakan rasa nyeri. Namun itu hanya pertolongan sementara. Gigi yang bolong harus ditambal biar sisa makanan tidak membusuk di dalamnya dan menjadi sumber kuman. Yang paling bener lagi adalah perawatan berkala... hehehe

catatan: tulisan ini telah dikonfirmasikan pada yang memili kompetensi dibidangnya, soalnya saya hanya korban di sini ...... namun saya tulis dengan bahasa orang awam, agar kita semua paham. Jadi kalo ada yang kurang sreg, silahkan protes. hihihi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar