2 Jan 2012

Pola Makan-Minum yang Sehat

Sodara... untuk yang sekarang, jari-jemari ini ingin menuliskan sesuatu yang lebih serius, yaitu tentang kesehatan. Suatu hal yang sering kali kita abaikan, namun apabila sudah terlambat dan kita menderita sakit barulah kita menyesal dan menyadari betapa mahal harga kesehatan. Nah, setelah mengais-ngais file di harddisk, kebetulan jari-jemari ini menemukan sebuah tips pemeliharaan kesehatan yang menarik untuk dibagi, tanpa banyak pencet, langsung saja ...
POLA MAKAN SEHAT
Tubuh memerlukan energi untuk beraktifitas dan energi tersebut berasal dari makanan yang kita makan. Jadi makanan yang kita makan harus mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, lemak dan dalam kumposisi yang seimbang. Asupan makanan yang berlebihan justru akan menimbulkan penyakit, seperli ungkapan “Makanlah saat lapar dan berhentilah sebelum kenyang”.

Dari hasil penelitian juga menyebutkan bahwa sebagian besar penyakit disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi. Jadi pola makan yang sehat berarti makanan yang kita makan harus mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh dalam komposisi yang seimbang dan tidak berlebihan. Misalnya dengan cara membiasakan sarapan sebelum beraktivitas dan secukupnya saja, alasanya adalah karena lambung memiliki daya tampung terbatas. oleh karenanya asupan makanan yang terlalu banyak juga berdampak kurang baik. Penuhnya lambung justru akan memaksa oksigen dalam tubuh memprioritaskan oksigen ke rongga perut untuk mengurai makanan daripada ke otak. Tidak heran jika setelah makan kenyang, rasa kantuk akan segera menyergap yang membual konsentrasi menurun drastis.

Selain itu biasakanlah mengkonsumsi sayur dan buah karena merupakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang alami. Beberapa contoh buah dan fungsinya adalah sbb:
  1. Buah Pepaya (Papaya): papaya mengandung vitamin C dan provitamin A ; papaya dapat mebuat lancar saluran pencernaan makanan.
  2. Buah Pisang (Banana): pisang mengandung vitamin A, B1, B2 dan C ; pisang dapat membantu mengurangi asam lambung.
  3. Buah Mangga (Mango): mangga mengandung vitamin A, E dan C ; mangga dapat bertindak sebagai disinfektan, dapat membersihkan darah. dan menurunkan panas tubuh saat demam.
  4. Buah Jeruk (Orange): jeruk mengandung vitamin A. B1. B2 dan C ; jeruk mengandung antikanker bagi tubuh, jeruk dapat mencegah dan mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti, mengobati sariawan serta menurunkan resiko terkena kardiovaskuler, kanker, dan katarak.

POLA MINUM SEHAT
Kebiasaan minum air putih saat kita hangun pagi akan memberikan dampak yang positif bagi kesehatan tubuh kita. Di Jepang sekarang ini sangat populer sekali trend minum air segera setelah Bangun pagi. Apalagi, test ilmiah telah membuktikan keampuhannya. Berikut adalah metode terapi yang mungkin bisa kita praktekkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan dalam hidup sehari-hari:
  1. Setelah Anda Bangun pagi sebelum mengosok gigi, minum 4 x 160 cc gelas 
  2. Gosok dan bersihkan mulut letapi jangan makan ataupun minum apapun selama 45 menit 
  3. setelah 45 menit anda boleh makan dan minum seperti biasa 
  4. Setelah 15 menit sarapan, makan siang dan makan malam, jangan makan ataupun minum apapun selama 2 jam 
  5. Untuk anda yang tua ataupun sakit dan tidak dapat minum 4 gelas air, pada saat mulai bisa, digantikan dengan meminum sedikit air terlebih dahulu dan kemudian ditingkatkan secara berkala hingga 4 gelas per hari. 
Metode di atas adalah terapi untuk mengobati penyakit dari orang yang sakit sedangkan bagi orang yang tidak sakit dapat menikmati hidup yang lebih sehat.

(dikutip dari: Meshia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar