11 Jan 2012

Menambahkan Gambar pada MP3 di Ubuntu

Waktu itu, telinga ini pengen menikmati alunan lagu-lagu dari PC. Langsung aja jari jemari ini merespon, klik.. klik.. klik..lagu pun mengalun. Saat lagu mengalun, penampakan pada player - VLC media player - memperlihatkan wajah cantik sang penyanyi... gimana kok bisa gitu yah..?? Mulailah rasa ingin tau ini bergolak..

Ternyata untuk memasukkan tampilan begituan dibutuhkan program mp3 tag editor. Kalau di windows ada MP3tag, gimana kalo ubuntu?

Langsung aja jari ini masuk ke "Ubuntu Software Center", search keyword "tag", langsung tampil "Audio Tag Tool". Setelah proses instalasi, kok penggunaannya susah, ya ... bagi kita-kita yang awam maksudnya... Adakah program yang lebih mudah?

Setelah googling, Puddletag sepertinya software yang menarik untuk dicoba.... Langsung aja, kalo pengen bisa di donlot di sini. Scroll ke bawah langsung ambil yg paling gampang, tersedia berupa file .deb

Setelah tersimpan di harddisk, tinggal (1) "klik-klik", (2) klik install, (3) masukkan password PC user, nginstal sendiri, dah...


Langsung dicoba...

Masuk ke menu Application > Sound & Video > Puddletag

Langkah pertama tentu membuka folder lokasi file mp3: klik menu File > Open folder

Untuk menampilkan gambar yang disertakan dalam file MP3 klik menu windowa > artwork

Pilih file yang ingin di otak-atik

Kalau ingin mengganti, menghapus atau menambahkan gambar, tinggal klik kanan pada panel artwork


Kalo udah... ya di-save... apa lagi...

Ini dia penampakannya saat dimainkan di Totem Movie Player bawaan Ubuntu
Selamat bersenang-senang....!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar