29 Mei 2012

Itu Hanya Kelakuan Oknum, kok...


Waktu itu secara kebetulan memencet tombol remote tv. Muncul sebuah acara, diskusi antara seorang host dan 2 narasumber. Salah satu nara sumber ini membeberkan beberapa kasus korupsi di daerah. Sedangkan nara sumber yang lainnya hanya menanggapi pernyataan nara sumber pertama. Terceletuk suatu statemen klasik, "..perilaku seperti itu hanya dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.."

Klasik..?? emang klasik, lha wong sering diucapkan oleh para pejabat yg dimintai klarifikasi oleh media, sesaat setelah salah satu jajarannya kedapatan melakukan pelanggaran (dalam hal ini korupsi). Peryataan klasik lainnya, ".. siapapun yg terlibat akan ditindak tegas.."

Kalo emang hanya kelakuan oknum, nyatanya kok sering kedapatan oknum-oknum yang lainnya, yah..?? Semisal, yang sudah ter'blow-up' media: kasus Gayus yang menghebohkan disusul kasus Dhana W .. lha ... ini yang ketauan, yang nggak ketauan..??

Beberapa kali di radio tersiar keluhan sopir truk tentang praktek pungli di jalanan. Pernah di sebuah TV swasta, mengulas tentang hal yang sama. Disertai liputan kamera tersembunyi pulak...!!! Saat sang pejabat yg terkait dikonfirmasi, muncullah peryataan klasiknya :) Ternyata barusan aja kejadian amuk massa karena kasus pungli di dermaga penyeberangan Jawa-Sumatera.

Sekelumit bukti di atas sebetulnya bisa memberi gambaran kalo itu lebih dari kelakuan oknum. Kalopun emang setiap pelanggaran udah ditindak tegas, harusnya, logikanya ..... nggak akan terulang lagi kejadian serupa, Kalo emang ditindak tegas harusnya, oknum lain akan takut melakukan hal yang sama.

Gitu, yah....???? :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar