4 Feb 2012

Masalah Copas PDF, Software Gratis OCR Solusinya


Saat kita menemukan sebuah artikel PDF yang penting untuk dikutip, terkadang artikel tersebut tidak bisa kita copy. Permasalahan copas pdf ke text emang beberapa kali ditanyakan oleh rekan-rekan.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut silahkan gunakan software OCR (Optical Character Recognition): Program yang dapat mengenali tulisan dari sebuah file gambar (bitmap). Jari ini menemukan sebuah program gratis, yaitu FreeOCR. Program ini bisa diinstal di WindowsXP & Vista.

Program ini membutuhkan program "tambahan" yaitu Microsoft Net 2.0 framework. Saat anda menginstal FreeOCR, installer akan secara otomatis mendownload Microsoft Net 2.0 framework dan menginstal program "tambahan" tersebut. Setelah perogram "tambahan" terinstal, Anda bisa mengulangi proses instal program FreeOCR. Proses yang kedua ini akan menginstal program FreeOCR.
proses instal microsoft net 2.0 framework

Penampakannya sangat sederhana dan mudah digunakan. Tinggal membuka file pdf, Pilih area tulisan yang dimaksud, klik icon OCR di bagian atas.
Selain file pdf, program ini juga dapat membaca file format .jpg .tif dan sejenisnya.
Penampakan Free)CR yang sederhana, sebelah kiri adalah file pdf yg dibuka, sebelah kanan adalah hasil text yang kita dapatkan.

Selamat mencoba..

File installer FreeOCR dapat anda download di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar