14 Jul 2013

Pantai Tanjung Papuma


Garis pantai sisi selatan pulau Jawa sejatinya memiliki potensi keindahan yang menarik. Mulai dari sebelah barat hingga ke timur. Salah aatu dari deretan keindahan itu adalah pantai Tanjung Papuma yang masuk wilayah Kabupaten Jember.


Berangkat dari Surabaya menggunakan mobil sewaan, ramai-ramai bersama beberapa teman. Memang menyewa mobil adalah cara yang paling gampang, apalagi bagi yang tidak tahu akses menuju lokasi bila menggunakan kendaraan umum. Jalan menuju lokasi melewati jalan pedesaan. Sayangnya jalan akses mendekati lokasi tidak dirawat dengan baik. Jalannya rusak dan serasa naik perahu, padahal itu belum mencapai bibir pantai. Setelah memasuki pintu masuk dan membayar tiket seharga Rp. 13.000, kita mendapat lembaran tiket yg disitu tertera nama PT Perhutani. Jalan lalu mendaki, tetap serasa menyusuri ombak, karena jalannya berombak. Hingga akhirnya sampai pada bibir pantai yang rindang.

Banyak penjaja makanan laut, es krim atau suvenir. Terdapat pula titik tertinggi yang terletak di atas suatu bukit. Aksesnya mudah karena sudah tersedia tangga. Di atas bukit, pengelola sudah membuat semacam pondok untuk berteduh sambil memandang lautan.

Pantai tanjung papuma di satu sisi banyak dipenuhi karang, sedang di sisi lainnya adalah pasir putih tanpa karang. Di sisi yang tanpa karang inilah banyak anak bermain air atau pasir. Perairan pantai Tanjung Papuma cukup jernih dengan ombak yang cukup besar. Setelah berendam di hangatnya air laut, tentunya kuli. terasa lengket semua, di tempat qisata Pantai Tanjung Papuma tersedia fasilitas toilet yang bersih dan air tawar untuk membasuh tubuh yang serasa lengket akibat air laut.
Di kompleks wisata ini juga memiliki fasilitas penginapan. Karena saat itu nggak ada niatan menginap, jadinya dalam kesempatan ini saya juga nggak tau berapa kisaran harga penginapannya, hehe..... Makanan berupa ikan bakan banyak di sini. Untuk memenuhi perut 10 orang, menghabiskan dana antara 200-300ribu. Menu yang kita santap termasuk ikan bakar 3 porsi, kelapa muda langsung dari buahnya dan nasi tentunya. Namun yang patut dicatat, pelayanannya laaaaamaaa banget, hingga 1 jam hanya untuk menunggu. Jadi akan lebih enak kalo pesen makan dulu, jalan2 kemudian... Harapannya, setelah lelah jalan2 dan perut lapar, makanan udah tersedia, gak pake nunggu.

Lokasi Pantai Tanjung Papuma


View Larger Map
 
Koleksi Foto Keindahan Pantai Tanjung Papuma (koleksi pribadi)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar