11 Sep 2013

Klarifikasi Vicky Prasetyo: Hoax atau Nyata?

Pagi ini, sebagian warga negeri ini yang bersentuhan dengan dunia digital masih euforia dengan sosok Vicky Prasetyo (VP). Sebetulnya saya malas membahas topik tentang orang ini, namun kali ini ada alasan lain, yang membuat saya ingin menulis tentang topik ini. Kebetulan ada seorang teman, pada akun facebooknya, membagikan sebuah link dari okezone.com. Isinya berupa berita klarifikasi dari VP. Saya kutipkan isi beritanya:




Vicky Prasetyo: Wawancara Itu Menyudutkan Saya

JAKARTA - Setelah video menggunakan bahasa "intelek" dan video kampanye Vicky Prasetyo beredar di dunia maya. Kini, mantan tunangan Zaskia "Gotik" itu mengklarifikasi melalui blog pribadinya.

Lewat akun vickyprasetyo.wordpress.com dengan judul "Wawancara Itu Menyudutkan Saya", pemilik nama asli Hendrianto itu menuliskan, "This is my verifikasi ungkapan dengan sepenuh keteguhan jiwa dan keabsahan kejujuran rasa, meminta dengan hormat tulus pihak manapun yang seteganya mendeskreditkan kebagusan reputasi diriku melalui alam maya."

"Aku sangat tidak mengharapkan nama baikku disengajakan menjadi buruk citra. Itu saja lintasan pesan dariku untuk semua pihak yang memiliki pembencian terhadap good personality sepertiku. Kemajemukan masyarakat sepertinya tiada lagi di negeri pancasilais tercinta ini. Sungguh memalukan keintelektualitasan layaknya aku menjadi ajang hiburan semata serta pemupusan harapan dan materi of futures. But somehow my precious company was CV Angkasa Mua at Karang Asih was become evidence of my glory."

"Please share this is my good will statement and verification of all them guys to know. Supaya seluruh masyarakat Indonesia tahu lah, pembenaran sikapku."

Mau membaca blognya langsung, lihat di sini.
…. Hhmmmm ternyata okezone mengutip dari link artikel lain, yang pada bagian bawah artikel tersebut ada pernyataan dari VP. Apa benar ini pernyataan dari Vicky Prasetyo? Sebab antara nama akun yang disebutkan di artikel okezone dan link yang tertera di alamat browser sangat berbeda, yaitu http://beritaz.com. Sebagai orang awam, yang terbayang di otak saya “jangan-jangan ini hanya hoax”
Kalaupun memang itu benar akun pribadi Vicky Prasetyo, seperti yang ditulis okezone, ngapain juga memuat kisah selebritis lain? Jika dilihat dari deskripsi situs juga tidak menunjukkan kalau itu situs pribadi mililk Vicky Prasetyo, namun situs “kabar harian terpopuler”

Dari penulisan artikel tersebut, juga memperlihatkan bahwa si penulisa hanya mengutip tulisan dari Vicky Prasetyo dengan bukti tulisan:

Namun dari cara penulisannya, kurang mrnunjukkan secara detail bagaimana penulis bisa memperoleh klarifikasi tersebut, apakah via pesan singkat atau email dari seluler.

Sepertinya isi artikel ini digunakan sebagai alat untuk bermain Search Engine Optimation dan emang memanfaatkan momen keyword yang paling populer saat ini. Hal itu sih nggak masalah, namun bagaimana dengan pernyataan klarifikasi dari Vicky Prasetyo, apakah ini bener atau hoax? Dari penelusuran singkat yang saya lakukan, saya masih belum menemukan sumber yang meyakinkan. Mungkin ada yangn berminat menelusuri lebih jauh dan menemukan sumber berta yang lebih meyakinkan, silahkan. Jika memang ini hoax, sangat disayangkan, ternyata situs berita sebesar okezone mengambil sumber berita dari link yang kurang teruji keabsahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar