26 Nov 2019

Sekilas tentang berbagai jenis kartu pintar


Di era sekarang ini kita hampir pasti memiliki kartu pintar. Paling tidak berupa e-ktp, kemudian sim card pada hp kita, lalu kartu atm, bahkan kartu kredit. Kartu-kartu yang lain bisa bberupa kartu pembayaran jalan toll, kartu diskon belanja, kartu pembuka kunci, dan berbagai aplikasi lainnya.  Kali ini kita mencoba sedikit mengenal tentang kartu-kartu tersebut.

Kartu pintar, juga disebut kartu chip atau kartu sirkuit terpadu adalah jenis kartu berukuran saku dengan rangkaian elektronik terpadu didalamnya yang dapat memproses data. Kartu ini dapat berfungsi bila didekatkan atau dihubungkan dengan pembaca khusus. Data kartu ditransaksikan melalui pembaca yang terhubung ke sistem komputer.

Kartu pintar meningkatkan kenyamanan dan keamanan transaksi apa pun. Kartu ini menyediakan penyimpanan bukti pengguna dan identitas pemilik , dan komponen keamanan sistem untuk memungkinkan pertukaran data dalam jaringannya. Kartu pintar melindungi dari berbagai ancaman keamanan.

Bagian dalam kartu pintar biasanya berisi mikroprosesor tertanam. Mikroprosesor ini berada di balik papan kontak di sisi kartu. Kartu Ini memiliki ruang penyimpanan sementara sebesar 8 kilobyte, penyimpanan baca sebesar 346 kilobyte, penyimpanan terprogram 256 kilobyte, dan mikroprosesor 16-bit. Kartu pintar menerima daya dari sumber eksternal yaitu pembaca kartu.

Kartu memori dan kartu Mikroprosesor

Tipe Kartu memori hanya berisi penyimpanan yang hanya bisa dibaca, sedangkan tipe kartu Microprocessor berisi penyimpanan yang bisa dibaca-tulis dan komponen mikroprosesor. Kartu ini terbuat dari plastik, umumnya PVC, tetapi terkadang ABS.

Pembaca Kartu pintar

Card reader digunakan untuk menghubungkan kartu dengan komputer agar bisa melakukan pemrosesan transaksi. Pembaca memiliki banyak bentuk dan beragam kemampuan. Ketika dimasukkan ke pembaca, chip membuat kontak dengan konektor listrik yang dapat membaca informasi dari chip dan menulis kembali informasi. Kartu tidak mengandung baterai; energi dipasok oleh pembaca kartu.

Kartu pintar kontak

Kartu pintar kontak ini memiliki area kontak yang biasanya berukuran 1 cm persegi. Contoh yang paling sering kita jumpai adalah kartu (Subscriber Identity Module)sim pada hp.

Kartu pintar tanpa kontak

Kartu pintar nirkontak, di mana chip berkomunikasi dengan pembaca kartu melalui teknologi induksi RFID. Kartu-kartu ini hanya membutuhkan kedekatan dengan pembaca untuk menyelesaikan transaksi. Mereka sering digunakan ketika transaksi harus diproses dengan cepat atau hands-free, seperti pada pembayaran jalan toll.

Kartu pintar kriptografis

Kartu pintar kriptografis sering digunakan untuk sistem masuk tunggal. Kebanyakan kartu pintar canggih ini digunakan sebagai layaknya kunci . di mana di dalamnya dimasukkan program khusus yand susah diretas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar