20 Nov 2019

Sekilas tentang prosesor


Saat kita membeli laptop atau gadget mobile, salah satu hal yang kita perhatikan adalah kecepatan otak atau prosesor yang ada pada gadget tersebut. Beberapa nama yang kita kenal ketika membeli laptop antara lain intel, celeron, atom, dan sejenisnya dengan embel-embel angka dibelakangnya. Kalau beli smartphone ada nama qualcomm atau mediatek dengan embel-embel angka di belakangnya.

Prosesor komputer biasanya disebut sebagai CPU, atau unit pemrosesan pusat dari komputer. Prosesor adalah komponen utama dari komputer yang dirancang untuk memindahkan dan memproses data. Tingkatan Prosesor biasanya disebut dengan kecepatan CPU. Yang mana besaran angka ini menunjukkan kemampuan memproses instruksi komputer per detik yang diukur dalam hertz dan merupakan salah satu nilai jual utama komputer.

Bagaimana Prosesor Ini Bekerja?

Prosesor komputer bertindak sebagai komponen koordinasi utama komputer. CPU akan mengakses program, data, atau fungsi komputer lainnya dari RAM (Random Access Memory) ketika kita memencet tombol atau menyentuh layar smartphone. Prosesor kemudian akan memahami dan menjalankan perintah yang terkait dengan tombol yang ditekan tersebut. Lalu mengirimkan kembali ke RAM komputer untuk dijalankan dalam urutan yang benar.

Logika Pemroses Komputer

Inti dari prosesor komputer adalah kemampuannya untuk memproses kode bahasa mesin. Ada tiga instruksi dasar bahasa mesin yang dapat dijalankan CPU:

- Memindahkan data dari satu lokasi ke memori komputer ke lokasi lain. Dalam hal ini misalnya ketika melakukan copy paste berkas dari laptop atau smartphone ke flash disk.

- Beralih ke set instruksi baru berdasarkan operasi logis atau pilihan. Dalam hal ini misalkan ketika melakukan pencarian sebuah berkas mp3 dari ratusan koleksi kita.

me- Lakukan operasi matematika menggunakan Arithmetic Logic Unit (ALU). dalam hal ini misalkan saat kita menghitung keuangan menggunakan aplikasi tabel.
aDemikianlah sekilas tentang bagian utama dari komputer yang disebut sebagai processor. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar