20 Nov 2019

Apa itu RAM?


Ketika ada sebuah laptop yang lemot meskipun dalam kondisi baru beli, Orang akan mengatakan Anda harus menambah RAM laptop Anda. Atau saat membeli smartphone, hal penting yang harus diperhatikan adalah besar ram nya. Tapi apa itu RAM?

Random acces memory atau secara harfiah diartikan Memori akses acak, , adalah salah satu komponen paling penting pada PC desktop, laptop, tablet, smartphone, dan konsol game. Tanpanya, aplikasi apa saja pada sistem apa pun akan jadi lebih lambat. Bahkan membuatnya tidak dapat berjalan sama sekali.

Tapi apa itu RAM? Singkatnya, ini adalah tipe memori komputer yang sangat cepat diakses yang menyimpan sementara semua informasi yang dibutuhkan komputer, smartphone, konsol game selama bekerja. Di situlah komputer Anda memuat semua file yang menurutnya perlu segera dicari, sehingga ketika dibutuhkan sesuatu, ia dapat membacanya dengan sangat cepat. Ini sangat berbeda dari penyimpanan sistem Anda, seperti hard drive, tempat informasi disimpan dalam jangka panjang.

Ingatan jangka pendek

Mungkin analogi terbaik untuk RAM adalah memori jangka pendek. Memori ini Cepat menyimpan hal-hal baru ketika laptop atau smartphone bekerja dan dapat memuat semua informasi tentang browser web Anda, alat pengeditan gambar yang Anda gunakan, atau game yang Anda mainkan sehingga Anda dapat mengaksesnya dengan cepat. Laptop atau smartphone tidak harus menggali melalui penyimpanan yang lebih lambat, seperti hard drive laptop atau memori internal smartphone.

Jadi,, setiap kali Anda ingin membuka tab baru atau memuat musuh baru untuk menembak. Secepat apapun kinerja hardrive laptop atau internal memori smartphone, mereka masih jauh lebih lambat dari RAM.

Data yang ada dalam memori jangka pendek, atau RAM, dapat dibaca dari mana saja dengan kecepatan yang hampir sama dan karena tidak menggunakan koneksi kabel ke sistem Anda, tidak ada selisih nyata ketika dibaca oleh laptop atau smartphone.

Namun, yang namanya memori jangka pendek, RAM tidak dirancang untuk tetap menyimpan data selamanya dan siap untuk beralih ke tugas berikutnya dengan pemberitahuan sesaat. Penyimpanan pada RAM setelah kehilangan daya, ia melupakan semua yang telah dipelajari. Itu membuatnya sempurna untuk menangani berbagai tugas berkecepatan tinggi yang diberikan oleh sistem, inilah mengapa komputer atau smartphone membutuhkan sistem penyimpanan seperti hard drive dan internal memori  untuk benar-benar menyimpan file ketika Anda mematikan sistem Anda.

Maka dari itu sering kali ketika seseorang mengetik, lalu lupa disimpan atau di save, ketikan tersebut hilang ketika komputer mengalami restart.

Itulah sekilas tentang RAM. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar