5 Nov 2011

Salam Buat para Alumnus Mekkah

Bagi umat Islam, bulan Zulhijjah merupakan salah satu bulan yang istimewa. Bulan saat dilakukan penyembelihan hewan qurban. Bulan saat dilaksanakan ibadah haji. Berjuta-juta umat Islam dari segenap penjuru dunia berkumpul di Mekah dan Medinah demi melaksanakan ibadah tersebut. Untuk tahun ini saja diperkirakan terdapat 1,8 juta jamaah, weleh-weleh... banyak juga ya.. Setara dengan seluruh penduduk Tangerang pergi ke Mekah semua.

Dari total tersebut, 220ribu diantaranya berasal dari Indonesia. Terus terang aja jumlah segitu banyaknya membikin aq jadi penasaran dan jadi pengen mengutak-atik angka-angka itu.

Waktu itu aq pernah ada anggapan “Kalo orang udah naik haji, berarti tingkat keislaman oranng tersebut sudah pada level tertinggi”. Kalo di permainan Warcraft Dota, udah pada level 25. Atau mungkin sabuk hitam di perguruan karate. Jika di perusahaan, ia adalah seorang jajaran direktur.

Berarti dengan level setinggi itu, ia memiliki pengalaman keislaman dan kehidupan yang istimewa. Ia mampu menjadi pemimpin orang-orang disekitarnya, menjadi panutan moral, mampu memberikan inspirasi, dan macem-macem lah... Bayangkan, terdapat 220ribu pemimpin yang tersebar di seluruh Indonesia. Kalo di Jatim aja terdapat 34ribu orang. Kalo dibandingkan dengan penduduk Jatim sebanyak 37juta, ketemu rasio 1:1088. Jadi, satu orang Pak atau Bu Haji cukup memimpin, memberi contoh atau menginspirasi seribu orang aja.

Wah... dengan angka seperti itu, harusnya nggak bakalan banyak bajingan yang bertebaran di bumi Indonesia. Harusnya makelar narkoba juga akan sulit mengembangkan bisnis di sini. Harusnya ilmu-ilmu kehidupan dan keislaman yang dimiliki alumnus Mekkah tersebut juga akan berkembang luas di muka bumi. Wow, sungguh istimewa....

Sekaramg kita utak-atik angka dengan menambahkan rupiah di depannya, hehehe... Kalo besaran ONH 30juta berarti total 30juta x 220ribu = 6,6trilyun, wow …. Duit segitu banyaknya mampu menggerakkan 300 kloter atau 600 penerbangan pergi-pulang. Menghidupi sekian banyak pilot, pramugari, petugas bandara, sopir bus rombongan haji, pegawai bank penerima setoran ONH, penyedia catering di Mekah, pebisnis persewaan tenda di Arofah, pedagang suvenir di Madinah dan masih banyak lagi.....

Sungguh potensi ekonomi yang amat besar. Gimana kalo, duit segitu untuk bangun SD yah? Misal 1 SD butuh 2,4M maka ketemu angka 2700 biji SD. Wow... apalagi kalo sekolah-sekolah itu disebar di daerah terpencil. Paling tidak peluang untuk mencerdaskan anak bangsa semakin terbuka lebar. Bukankah itu juga termasuk ibadah, yah.....????

Sekarang kalo untuk bikin puskesmas, misal … sebiji puskesmas butuh 1,5M, maka ketemu angka 4400 puskesmas... fantastis... Dalam bidang pendidikan tinggi, misalnya… Setelah googling didapat angka beasiswa paling besar 10juta per tahun. Maka kalo jumlah segitu didapat angka 660ribu mahasiswa pertahun. Kalo sistem pendidikan tinggi kita mumpuni – hehehe – tenaga ahli sebanyak itu merupakan potensi SDM yang luar biasa

Kalo disalurkan buat mengembangkan UKM melalui kredit..?? Anggap aja plafon kredit sebesar 50juta, maka didapat 130ribu pengusaha yang bisa membuka lapangan kerja bagi ratusan ribu orang. Apalagi kalo penyebarannya lebih merata di daerah-daerah. Ini akan membantu mengurangi masalah urbanisasi dan pengangguran sekaligus. Sungguh potensi ekonomi yang luar biasa.

Gimana ya kalo para calon alumni Mekah ini tergerak bersama-sama untuk “berqurban” menunda atau membatalkan acara “wisuda” mereka demi memberdayakan potensi umat yang saat ini masih terpuruk, meskipun besar secara kuantitas. Apalah artinya besar secara kuantitas, namun bagai buih di lautan.

Referensi:
http://uk.ibtimes.com/articles/241150/20111101/hajj-2011-tensions-crimes-threaten-overshadow-real.htm
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/11/05/273901/293/14/Jemaah-Haji-Menuju-Padang-Arafah-untuk-Wukuf
http://haji.okezone.com/read/2011/09/21/398/505342/
http://emka.web.id/ke-nu-an/2011/pemerintah-tetapkan-besaran-bpih-dan-waktu-pelunasan/
http://www.kemenag.go.id/index.php?a=detilberita&id=7332
http://www.allianz.co.id/AZLIFE/Indonesian/About+Us/Community+Involvement/Allianz-GTZ+building+school+in+Aceh.htm
http://www.bappeda.jabarprov.go.id/dokumen_informasi.php?t=13&c=4126
http://www.depdagri.go.id/media/filemanager/2010/01/29/0/_/0._induk_kec.pdf 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar