7 Mei 2013

Memperkuat Stamina Otak



Malem itu urusan layout bulletin udah melebihi deadline, lha wong naskah aq terima udah melebihi deadline. Udah berulang kali aq kasih tau ke pelanggan, “beri waktu 3 hari untuk urusan layout”. Udah ngasih naskah molor dari jadwal, kalo udah gitu kejar2 suruh cepet kelar, yang sms lah… kirim im lah…. bikin orang bĂȘte aja… So, aq anggep aja itu bunyi kentut, asal gak bau ya udah…


Maunya aq selesaikan malem itu, tapi fisik udah payah, otak yg udah bebal ini jadi semakin bebal. Ide buat otak-atik layout serasa menguap semua. Udah gitu, file format docx versi 2013 dari pelanggan terbaca amburadul kalo pake versi 2007 …. Tambah ribet jadinya. Si pelanggan udah berkali-kali aq kasi tau “save as ke versi 2003” masih aja mengulangi kesalahan yang sama…. Tambah bĂȘte jadinya
Solusinya: tidur

Bangun tidur, otak lebih fresh, fisik lebih seger, langsung taruh pantat di depan monitor, setengah jam… kelar!

Emang … sebuah kerjaan yang kalo kita mau fokus akan cepat selesai. Kata orang “wong cuman gitu aja kok, paling bentar aja beres”… Mudah emang kalo ngomong, tapi jika saat kondisi fisik dan psikis dalam titik terendah, pekerjaan yang gampang pun akan menjadi susah. Sebaliknya, saat kondisi ideal, sesuatu yang sulit akan dapat terpecahkan dengan mudah.

Namun “stamina” psikis tiap orang tentu beda2, seperti halnya ketahanan stamina saya tentu jauh lebih rendah dibanding stamina Cristiano Ronaldo. Seperti seorang teman yang baru bentar aja aq ajak diskusi debat tentang motogp via skype udah merasa pusing. Kunci perbedaan stamina antara saya dan Ronaldo udah terlihat jelas: faktor latihan. Sepertinya ini juga berlaku buat stamina psikis ato mungkin stamina otak. Semakin sering kita latih (mikir) bakalan semakin bertambah stamina itu.

Tulisan Ini tidak berdasar pada penelitian ilmiah, cuman asal tulis dan asal menyimpulkan dari pengalaman pribadi, kalo mau protes ato mau olok2 ya silahkan…. Hehehe …. Tapi kalo pengen ngasih masukan, tambah lebih baik itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar