14 Okt 2019

Beberapa tips mengatur folder


Setelah mengenal berbagai perangkat penyimpanan dan bagaimana menyimpan data. Sekarang kita mencoba menggunakan ruang penyimpanan tersebut secara optimal. Salah satu cara adalah dengan membuat folder. Dalam beberapa kesempatan, sering kali ditemui dalam suatu penyimpanan, utamanya usb flashdisk, semua file campur aduk jadi satu, file pribadi, file kerjaan, file hiburan berupa lagu atau video, atau mungkin juga file titipan teman kita. Hal seperti ini akan menyulitkan ketika kita membutuhkan sebuah file.

Tulisan ini mencoba membagikan beberapa tips mengatur folder dalam suatu penyimpanan. Beberapa Tips di dalam tulisan ini diperoleh selain dari kebiasaan pribadi juga dari melihat cara yang dilakukan orang lain. Beberapa tips ini antara lain.

Pembagian folder berdasar nama pemilik file. Pengaturan ini paling cocok untuk sebuah institusi yang memiliki jumlah komputer terbatas dengan pemakai yang cukup banyak. Pemilik ini bisa berupa pribadi atau tim.

Contoh
Local disk D
    File ibu-ibu
        Bu aan
        Bu andri
        Bu evi
        Bu ninis
        Bu zulfa

Pembagian folder berdasar event. Sebuah instansi ada yang memiliki program rutin, entah itu bulanan, semesteran atau tahunan. Pembuatan folder seperti ini akan memudahkan keperluan pemberkasan karena bisa mengacu pada event yang sama pada periode sebelumnya. Sering kali pada sebuah event, berkas yang dibutuhkan sama dengan event periode sebelumnya hanya berbeda di tanggal saja.

Contoh
Local disk D
    Berkas festival tahun baru
    Berkas peringatan hari pahlawan
    Berkas peringatan hari pendidikan
    Berkas peringatan hari ulang tahun perusahaan

Pembagian folder berdasar waktu. Pembagian folder menggunakan cara ini biasanya paling cocok untuk kumpulan file dengan jenis yang sama. Misalkan membagi sekumpulan koleksi foto acara liburan keluarga, membagi kumpulan file mp3  grup musik kegemaran kita, membagi kumpulan file materi pengajaran suatu kelas selama setahun, dan sebagainya.

Contoh
Local disk D
    Materi pengajaran kelas 6
        Bulan 07
        Bulan 08
        Bulan 09

pembagian folder dengan urutan khusus. Ada juga yang mengatur folder dengan menyesuaikan kebiasaan atau kemauan pribadi. agar lebih memudahkan untuk mengurut, didepan nama folder di kasih nomer

Contoh
Local disk D
        0 dataku
        1 data bojoku
        2 data kerjaanku
        3 file hiburan
            31 file lagu
            32 file video
        4 file titipan

Demikian beberapa contoh mengorganisir file. Pastinyatiap orang punya kebiasaan dan caranya sendiri. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan kita. Silahkan membagikan jika dirasa ini bermanfaat. (A.F.M)

debiankomputer.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar